Kamis, 04 Oktober 2012

ketika Bingung, Gelisah.. jadilah Fleksibel




Bukan lagi judul skripsi atau proposal pengajuan skripsi yang menjadi prioritas..

Tapi sekarang masih di bayangi dengan tempat Praktek Kerja Lapangan(PKL) atau yang paling sering disebut KERJA MAGANG...

Rencana awal sih ... mau ke PT DUA KELINCI PATI bareng Vera, dan Ela..

Tapi semua tak seperti yang direncanakan...

Banyak faktor yang menghambat kesuksesan rencana ini..

Seperti tidak adanya orang dalam yang membawa kita, belum adanya hubungan kerja sama antara universitas dengan perusahaan dan bla.. bla.. bla... seabrek alasan untuk memberatkan rencana ini..

Ditambah lagi kabar dari bibah , info dari kakak yang kerja disana, yang mengatakan bahwa yang positif diterima adalah vera, yang 2 lainnya masih dipertimbangkan...

Langsung, mak GLEK.... pas tak tanya kenapa cuma vera yang positif di terima, analisa dari kakak bibah mungkin karena Vera rumahnya PATI, jadi lebih di prioritaskan...

 waktu kita maen ke 2 kelinci


Hmmmmm....

Rasanya masih tak karuan..
Bingung,
......


Dan masih disini..
Lantai 3 perpustakaan pusat Universtas Negeri Semarang...

Berusaha mencari teman untuk sekedar cerita , dan menumpahkan keGALAUAN ini... namun... mereka sedang sibuk dengan urusan masing-masing..

Akhirnya aku putuskan untuk sms mas Rio “Lg apa?? Aku lg bingung, masalah magang, proposalku di 2 kelinci 3 orang, yg diterima Cuma 1 tok... aku binguuuuuuuuuuuuunggggggggggggg....... “

3 menit kemudian, mas rio telepon..

Mas Rio : “pie dek??”

Aku        : “aku bingung..”

Mas Rio : “ bingung napa?? Wong Cuma magang, 1 bulan tok to???? Emang kudu 2 kelinci??”

Aku        : “yo enggak sih..”

Mas Rio : “Lha yo... pindah kan bisa...”

Aku        : “tapi....”

Mas Rio  : “aku ngerti maksut mu... kamu pengen magang di perusahaan besar & bonafit, kaya Miyako dulu???
Terus kalo udah gt, mau ngapain???
Iya kalo perusahaan itu ngasih nilai yang menguntungkan kuliahmu.. kalo enggak, yo malah rugi...
Tujuan awalmu kan mau jadi guru... yaudah... magang ini formalitas aja, soal pengalaman kerja bisa ngalir nanti pas kamu udah kerja beneran”

Aku      : “yaudah, tak pikir-pikir lagi”

..................

Aku masih merenung...
Memikirkan kata-kata mas Rio..

Emang bener, aku ini terlalu idealis... pengen magang di tempat yang bonafit tanpa memikirkan untung rugi...

Terkadang Idealis harus terkalahkan oleh Fleksibel..

Berubah-ubah menyesuaikan keadaaan... aku sadar tujuan awalku adalah menjadi GURU yang PROFESIONAL itu kenapa aku kuliah lagi di jalur pendidikan..

Kalo Cuma pengen kerja kenapa ga tak terima aja tawaran mas Maksum 3 tahun yang lalu kerja di MIYAKO..

Perusahaan besar dan bonafit bukan jaminan nilai akan menjadi bagus,dan nilai yang bagus juga bukan jaminan kualitas diri..

Mungkin dengan aku magang di tempat yang biasa-biasa saja, ilmu yang aku dapat lebih bermanfaat, dan lebih berpengaruh untuk kehidupan ku nanti..

“Ketika hidup memberi kata TIDAK atas apa yg aku inginkan, percayalah, Tuhan selalu memberi kata YA atas apa yg aku butuhkan”

Ya ALLOH, jika memang.. aku diijinkan magang di sana.. beri kemudahan...
Namun jika tidak, beri yang terbaik...
................

Sedikit berbagi tips jika kalian mengalami kegelisahan yang hampir sama dengan apa yang aku rasakan...

Ketika gelisah menyerang, atau badan terasa sakit, try it....

1. Rileks kan pikiran dan badan.

2. Lakukan peregangan lewat shalat yang sempurna, dan curahkan perhatian bahwa kita sedang konsultasi sama Allah, berhadapan seperti berhadap- hadapan dengan dokter, konsultan, psikiatris, ustadz. Sampe terasa nyata dan hangatnya kasih sayang Allah.

3. Pas ruku dan sujud, dibuat lama, hingga seluruh otot-otot bergerak ke satu titik yang paling terasa sakit, menjadi beban, dan dianggap sebagai pusatnya. Kalo terasanya di hati, ya kirim segala energi ke hati.

4. Berdoa sepenuh hati, dan baca al Qur'an. Sesungguhnya doa dan membaca al Qur'an, akan menenangkan hati dan menjadi obat segala obat.

dan janganlah merasa sendiri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar