Jumat, 27 Juli 2012

Cerita Ramadhan tahun ini...

marhaban ya sahro ramadhan ya sahro siyam..

Ramadhan tahun ini dibuka dengan kegiatan karnaval bersama anak-anak TPQ Raudhatul Quran..



Seperti tahun kemarin, ramadhan tahun ini aku lewatkan dengan libur kuliah selama 2 bulan.. hmmm.. untuk sebagian orang hal ini mungkin cukup menyenangkan, karena bisa melaksanakan ibadah puasa dengan enak-enak an di rumah, tapi bagiku ini adalah membosankan...

Beruntung sekali aku tinggal di lingkungan yang dekat dengan tempat-tempat pendidikan seperti TPQ , TK dan PAUD, serta tempat Les privat..

Dan ramadhan tahun ini aku jalani dengan kegiatan yang melatih soft skill ku di dunia mengajar bersama anak-anak..

Sejak bulan maret aku sudah menjadi guru ekstra kurikuler komputer di TK AL-HIDAYAH setiap hari sabtu, namun karena beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan guru-guru kelas disana, akhirnya mulai tahun ajaran ini aku ditawari menjadi guru kelas..

Lumayan kaget dan exited, dari guru ekstra kurikuler yang hanya berangkat hari sabtu sekarang menjad guru kelas yang harus berangkat setiap hari, dan kuliah yang aku ambil adalah Pendidikan Teknik Elektro sekarang aku ditawari menjadi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tetapi dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku terima tawaran baik itu..

16 juli 2012 adalah hari pertama  masuk sekolah begitu juga dengan aku berangkat perdana untuk mengajar.. hari pertama, kedua dan ketiga adalah hari untuk Masa Orientasi Siswa (MOS).. kemudian libur awal puasa ..

23 juli 2012 adalah hari pertama sekolah dengan berpuasa.. meskipun anak-anak belum ada yang latihan puasa, tapi dengan mereka dilarang membawa bekal itu sudah merupakan belajar untuk mengendalikan nafsu jajan...

dan mengajar anak TK di bulan puasa itu sesuatu bangetttt...
Suara harus tetep keras, harus tetep energik dan selalu ceria...

Pernah juga ketika aku memimpin untuk membaca “ASMAUL HUSNA” mungkin dengan nada yang berbeda dari biasanya membuat anak-anak tidak bisa mengikuti... akhirnya mereka hanya diam saja.. hahaha... maafkan bu gurumu ini nak..

Pagi hari dari jam 7.30 sampai 10.00 aku sekolah di TK,
Sore jam 15.30 sampai 16.30 aku ngaji bersama anak-anak TPQ ROUDOTUL QURAN,
jam 16.30 sampai berbuka aku ngaji bersama anak-anak yang ada di mushola,
Sungguh hari-hariku yang selalu di kelilingi dengan anak-anak membuat ku belajar menjadi seorang yang sabar, dan mengerti akan dunia anak, karena sesungguhnya tida ada anak yang nakal yang ada hanya lah anak yang lucu.. karena “SETIAP ANAK ADALAH SPESIAL”
 ketika Wisuda TK

Sama seperti tahun lalu yang libur kuliah, ramadhan kali ini aku juga ingin mem-FULL kan tarawih di MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah) tapi apa daya selalu ada halangan untuk kaum perempuan...

Bila Ramadhan memanggilmu
Mengetuk pintu hidupmu
Sambut ia sepenuh rindu
Dekap ia sepenuh cinta
Dan biarkan jemari indahnya
Merengkuhmu dalam istana ampunan-Nya

Bila Ramadhan memanggilmu
Sambutlah ia seumpama tamu istimewa
Kenanglah kelopak hari-hari
Yang telah luruh berguguran
Kenanglah seumpama pertanda
Bagi engkau sang penerus perjalanan
Bersiap menjemput giliran
Bila tak lagi kau jumpai ia
Ramadhan di tahun depan

Bila Ramadhan memanggilmu
Bersihkan hati dari segala dengki
Sucikan jiwa dari segala prasangka
Bersihkan raga dari segala dosa
Bila Ramdhan memanggilmu
Berlarilah menjemput panggilan-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar