Senin, 14 Oktober 2013

Goresan penyemangat buat SEORANG PEMBAGI ILMU

Terhitung sejak 19 Agustus 2013 sampai dengan 10 Oktober 2013, aku sudah 56 kali latihan mengajar.. padahal batas minimal yang di kehedaki UNNES hanya 7 kali latihan mengajar dan 1 kali Ujian mengajar...

Sangar yaaaaa.....

dan pada tanggal 10 oktober 2013, adalah hari terakhirku Latihan Mengajar di SMK Negeri 7 (STM PEMBANGUNAN) Semarang...

Rasa Senang, Lega, Sedih juga ada, bercampur menjadi satu... Melihat kepolosan, kelucuan, dan keceriaan anak-anak walaupun aku tahu mereka juga merasakan apa yang aku rasakan ketika aku sekolah dulu... yaitu Selalu AUTIS dengan seabrek tugas...

Yang aku banggakan dari mereka adalah rasa tanggung jawabnya .. ketika aku memberi deadline pengumpulan tugas, meskipun dengan wajah yang selalu protes, tapi pada akhirnya mereka selalu mengumpulkan tepat waktu... ISTIMEWA !!!!... yaaaaaa walaupun ada beberapa yang agak molor.

di minggu terakhir ku latihan mengajar, aku meminta mereka untuk menuliskan sesuatu tentang DIRIKU selama 2 bulan menjadi "GURU" untuk mereka...

Coretan-Coretan indah sebagai sarana untuk introspeksi diri dan kritik yang membangun..

dari total 4 kelas yang didalamnya ada 144 siswa, maka aku hanya mengambil beberapa cuplikan "TESTIMONI" mereka tentang DIRIKU yang aku anggap itu sangat "MENGENA" dihati...

Dimulai dari kelas X TITL 1 , dalam pelajaran Rangkaian Listrik 1

yang katanya aku SABAR, MURAH SENYUM dan NGAJAR NYA DETAIL.. hihihi...
"Semoga bisa ngajar disini ya bu :) "



katanya aku terlalu LEMBUT dalam mengajar...  dan aku mulai speechless.. lembut bagian mananya???
katanya lagi aku kurang GALAK...
padahal dirumah aku sering di katain si pepi orang paling GALAK se kabupaten dunia...



Aku kalo ngajar kecepetan yaaaa.... hihihi....
"Ngajar terus aja yaa, sampe aku lulus "... Pengeeennnnnnnnnnnnnn



"Cara ngajar yang ga bikin ngantuk".... bikin melek brati



Tetep dengan komen, aku kalo ngajar kecepetan...
"Di pertahankan cara berpikir untuk murid yang cepat, tepat dan efisien"... Siiiippppp!!!


Kemudian di lanjutkan X TITL 2 , masih dalam pelajaran Rangkaian Listrik 1

"Asyik, nggak suka marah, menyenangkan, tapi kadang KECEPETAN..
Soal-soal bikin pusing tapi seru"
bagian yang paling penting "Agar kita terbiasa menghadapi soal-soal rumit seperti itu"
karena persoalan hidup jauuuuhhhhhhhhhhh lebih rumit dari soal Rangkaian Listrik


"Kalo ngasi soal jangan rumit-rumit, kalo ngajar jangan cepet-cepet"
yang paling mak jlebbbb itu "BERAT BADAN DI KURANGI"
 muridku sampe segitu perhatiannya dengan berat badanku... hhahhaa



"Sudah bagus, nyaman, kalo menerangkan mudah di pahami, murid bisa enjoy"
okeeeee.... okeeee......


Terus di lanjut kelas XI TITL  1 , pada pelajaran Mesin Listrik

"Bu Fitria ga usah kembali ke UNNES, ngajar di SMK N 7 aja"
andai saja bisa seperti itu.... alangkah senangnya... kuliah tanpa "NYEKRIPSWEET"



"Baik, Cantik, Ramah, Pintar, Cocok jadi guru" Aamiin.... makasii mbak Friza atas doanya
gambar yang di kartun itu lho, imut sekaliiiii... :)



"Mampu mengerti di saat murid-murid bosen terhadap teori, mampu membuat suasana menjadi senang"
mungkin karena aku juga pernah mengalami apa yang mereka rasakan....
"Saat praktek kurang pengawasan saja" ... hihihi... maap yaaa.... sering tak tinggal ngobrol sama pak guru yang lain, ...


"Mengajar di beri canda tawa, tidak membosankan, memberi nilai tidak pelit, Ramah "
makasiiiii
"KURANG MENGUASAI MATERI"... ini dia kritik yang aku tunggu-tunggu... maap nak, bu gurumu ini masi dalam tahap belajar juga, insya ALLAH semester depan akan lebih menguasai materi lagiii....



"Semoga bisa jadi guru tetap STEMBA, khususnya jurusan listrik" Aamiin.......

"Mengajar sudah jelas dan disiplin"
"Asyik, baik di jadikan contoh muridnya"
"Sabar dan tabah"... hha??? TABAH?? iya, aku berusaha tabah ketika mereka mulai susah di atur
"Kurang tegas"... memang butuh latihan ketegasan khusus menghadapi ketidak disiplinan kalian
"Serius tapi santai" okeee... okeee.....


Yang terakhir kelas XI TITL 2 yang menurutku itu adalah kelas paling RAMEEEE...

"Kalo mendikte cepet bangettttttt, penyabar, jarang marah-marah, santai enggak tegang"
"Waktu praktek muridnya ada yang main aja di diemin" 
hmmm -_- , gimana ga di diemin, itu kan juga hiburan buat aku.. hhahhaa



Lha ini yang nyeleneh, yaayyaayyaa... dia itu cerdas banget, instruksi awalku aku hanya ngomong, "tolong kertas ini diPENUHI dengan kata-kata kalian tentang saya"
dan apa yang terjadi, dia hanya menulis kata "PENUH"... cerdas sekali...
tapi yang masi menjadi tanda tanya, kenapa bentuk mata emoticon nya seperti itu???



"LIHAT GAMBAR ! JANGAN NGAWUR !"
hehehe... apakah kata-kata itu terlalu mengena di hati sampai hanya kata-kata itu yang tertulis,
ini adalah kata-kata reflek dari aku ketika mereka tidak memperhatikan gambar rangkaian dan hanya asal merangkai... bikin jengkel, tapi SERU !!!



"Gokil waktu di ajak main EAT BULAGA, wajahnya polos"
hhahhaa... kudu GELI nek inget kejadian itu, di saat murid yang lain praktik, aku malah dengan asiknya ikut main EAT BULAGA bareng cewek2 XI TITL 2... karena keadaan saking ramenyaaa... kemudian PakTRI sampe masuk ke kelas, dan aku di tegur "Kok kelas ini rame banget kenapa?" dan dengan polosnya aku menjawab "Itu anak-anak lagi pada diskusi pak" hhahhaa... GOKIL


"Guru yang bersemangat, Heboh dan menggebu-gebu, Galak tapi lucu"
hhahhahhaa.... okelah...



Sebenarnya masi banyak lagi goresan lucu, indah , manis dari mereka...
tapi ini sudah cukup mewakili kritikan ku sebagai guru 2 bulan..

Semoga goresan-goresan ini menjadi doa awal perjalanan karir ku sebagai  "SEORANG PEMBAGI ILMU"





Tidak ada komentar:

Posting Komentar