Selasa, 07 Juni 2011

Kuliah untuk kehidupan yang lebih baik

Terkadang pendidikan di perguruan tinggi sering terabaikan. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi ,faktor yang paling utama adalah mengenai biaya pendidikan yang semakin tahun semakin melambung saja. Kuliah sering dianggap hanya untuk orang-orang yang mempunyai harta lebih,sedang untuk orang-orang yang mempunyai tingkat ekonomi rendah bahkan menengah hanya bisa membayangkan untuk bisa menyandang predikat sebagai mahasiswa. Tapi sesungguhnya banyak jalan agar niat baik itu dapat terealisasi,berbagai macam beasiswa telah digelar oleh pihak universitas maupun pemerintah guna menjalankan program pemerataan pendidikan di Indonesia. Sekarang masyarakat yang merasa mempunyai tingkat ekonomi yang rendah atau menengah dapat mengenyam pendidikan tingkat universitas.
Lantas apalagi yang menjadi halangan untuk menjadi mahasiswa?????
Jawaban itu ada pada diri kita sendiri. Semangat untuk belajar dan semangat untuk menjadi lebih baik. Tak sedikit orang, yang orang tuanya mampu untuk membiayai kuliah dan dia sendiri juga mampu untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi negeri, namun dia tidak ingin melanjutkan untuk belajar di perguruan tinggi. Dengan alasan bahwa “belajar tidak harus di sekolah formal” dia tetap tidak ingin kuliah. Memang benar belajar tidak harus di sekolah formal, tetapi apakah ada pengakuan secara otentik dengan kemapuan yang kita miliki?? Benar saja kita memiliki potensi dan kemapuan dibidang tertentu, tetapi jika tidak ada bukti otentik tentang kemampuan yang kita miliki, pastilah tidak akan ada pengakuan dari masyarakat luar.
“EDUCATION IS NOT EVERYTHING, BUT EVERYTHING BEGIN FROM EDUCATION” itulah semboyan dari salah satu UKM yang aku ikuti di perguruan tinggi. Memang pendidikan bukanlah segalanya, tetapi semua berawal dari pendidikan. Pendidikan yang akan membuat hidup jadi lebih baik dan dengan pendidikanlah derajat kita sebagai manusia akan diangkat oleh sesama manusia. Bukankah dalam firmanNYA sudah jelas “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis” maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberikan kelapangan untuk mu. Dan apabila dikatakan “Berdirilah kamu” maka berdirilah kamu dan Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat . Dan Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan” (Al-Mujaadilah:11)
Jadi, sekarang apa lagi yang menghalangi semangat kuliah?? Banyak jalan yang dapat ditempuh untuk mengatasi biaya pendidikan yang semakin tinggi. Sesuai dengan firmanNYA “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka merubah keadaan diri mereka sendiri” (Ar-Rad:11). Mari kita manfaatkan masa muda dengan hal-hal yang bermanfaat. Karena sesungguhnya orang yang lebih baik adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar